Selasa, September 11, 2007

Intisari Karya Tulis Faisal A.R. Mokodompis


Saronde Dalam Upacara Pernikahan Adat Gorontalo

Saronde merupakan satu bentuk kesenian dalam upacara perkawinan adat yang dibawa oleh masyarakat Gorontalo menuju kota Makasar. Perpindahan masyarakat Gorontalo tersebut diikuti dengan dibawa sertanya kebudayaan, adat-istiadat, serta kebiasaan-kebiasaan dari masyarakat Gorontalo, termasuk juga segala macam bentuk kesenian dan upacara. Dalam artian telah terjadi proses difusi. Masyarakat Gorontalo di Makassar masih menggunakan Saronde dalam upacara perkawinan adat. Kurangnya sumber-sumber yang membahas tentang kesenian ini menjadi tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Saronde masih dipergunakan serta bentuk penyajan Saronde di Makassar.
Setiap masyarakat tradisional memiliki cara dan gaya masing masing dalam melaksanakan suatu upacara. Upacara dalam masyarakat tradisi merupakan sesuatu yang dianggap penting karena berhubungan dengan apa yang menjadi warisan nenek moyang yang harus dipertahankan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesenian Saronde ini masih dipergunakan dalam upacara perkawinan adat Gorontalo di Makassar yaitu sebagai identitas budaya masyarakat Gorontalo di Makassar, karena adanya permintaan dari pihak keluarga, adanya faktor kerinduan untuk melaksanakan kembali adat istiadat yang menjadi tradisi, dan yang terakhir karena adanya respon positif dari masyarakat setempat.
Saronde terdiri dari musik dan tari pada bentuk penyajiannya. Musik mengiringi tarian Saronde dengan iringan tabuhan rebana dan nyanyian vokal. Pengantin diharuskan untuk menari dalam Saronde, begitu juga dengan orang yang diminta untuk menari ketika dikalungkan selendang oleh pengantin dan para penari. Iringan rebana yang sederhana merupakan bentuk musik yang universal dalam masyarakat yang kental dengan nuansa religius. Diawali dengan nyanyian dan tabuhan rebana dengan tempo yang pelan dan lama kelamaan semakin cepat.



Kata Kunci : Upacara perkawinan adat Gorontalo, Saronde

Tidak ada komentar: